Mimpi Langit, Langkah Bumi

“Pasanglah mimpimu hingga melangit.
Pastikan langkahmu kokoh membumi.”

Bermimpi itu wajib. Dan impian itu mesti besar. Sebab memang kemampuan bermimpi kita miliki tuk mengajak diri keluar dari kungkungan kebiasaan, keteraturan. Maka ajaran klasik masa kecil tuk bermimpi setinggi bintang di langit, jelas masih amat valid hingga kini.

Lalu terbit lah sebuah tanya, “Apakah tak takut kecewa jika impian terlalu tinggi lalu tak tercapai?”

Sungguh ini pun pertanyaan awam yang amat jamak didengar. Betapa akhirnya pertanyaan serupa ini menjadikan banyak orang tak berani bermimpi, dan memilih menjalani kehidupan sebagaimana terhidang di hadapan. Sayangnya, yang demikian pun kadang jauh dari bahagia, dan tak pernah terhindar dari kecewa.

Kala ditelisik, sejatinya bukan mimpi nan tinggi itu yang jadikan diri kecewa kala tak tercapai. Melain sebab sering terpisahnya antara kesungguhan bermimpi, dan kesungguhan melangkah.

Bermimpi, memang kegiatan menyenangkan. Sebab ia seringkali terjadi saat sedang menikmati waktu bersantai. Maka banyak sahabat menjadikan kegiatan ini hobi nan dijalani dengan penuh keceriaan.

Sementara menggulirkan langkah, adalah kegiatan mengerahkan energi yang acapkali wajibkan sang pemimpi bersungguh-sungguh meninggalkan kenyamanan. Ya, sebab tak ada hasil baru yang kan hadir dengan cara lama.

Nah, di titik inilah para pemimpi, luput tuk memupuk kesungguhannya. Ia sungguh-sungguh kala berkhayal, namun tak sungguh-sungguh kala melangkah. Padahal, jika mau teguh sedikit saja, bahkan ketika langkah baru dimulai dan impian masih jauh, kebahagiaan niscaya sudah akan terbit.

Apa pasal?

Sebab tabiat jiwa tuk rindu mengerjakan hal-hal yang berarti. Hal-hal yang ia tahu merupakan batu bata bangunan kebesaran.

Maka bermimpilah hingga melangit. Lalu segeralah menapak bumi, menatapi setiap celah tuk membangun tangga demi menggapainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>