Sabar Modal Pembelajar

“Sabar, adalah modal pembelajar dan pengajar. Tanpanya takkan lahir pembelajaran.”

Sabar berarti menikmati proses. Kadang ini sungguh menantang, terutama jika hasil akhir begitu diidamkan. Namun perjalanan yang tak dinikmati di awalnya, pun akan sulit dinikmati pada akhirnya. Sebab kenikmatan dalam hidup bukanlah hal yang menyendiri. Ia adalah rangkaian tiap makna yang dirangkai tiap langkah kaki.

Ilmu bagaikan bangunan. Ia lahir dari jalinan yang teguh antara batu bata, pasir, semen, dan sekian banyak komponen lain. Dan secepat apapun teknologi kini, kehidupan punya caranya sendiri tuk menjadikan setiap ilmu berguna bagi diri. Proses belajar bisa dipercepat, tapi untuk sebuah ilmu menjadi manfaat, ia mesti menghadapi pengalaman demi pengalaman yang tak bisa diatur oleh diri ini.

Maka sabar, yakni menikmati proses, adalah modal dasar bagi insan di jalan ilmu. Takkan berilmu orang yang tak mau sabar. Apatah lagi jadi pengajar. Pengajar sejati, pastilah pembelajar yang ahli. Jika ia tak sanggup sabar menjadi murid, jangan harap kan sabar menjadi guru. Kesabaran guru, mestilah berlipat-lipat dari sang murid. Karena dalam tugasnya, para pengajar mesti menjalankan dua hal sekaligus: belajar dan mengajar. Ia belajar bagi dirinya sendiri, dan mengajar bagi orang lain. Dua kali lipat.

Hilang kenikmatan makanan yang dikunyah terburu-buru. Begitu pula ilmu. Hilang jejak maknanya jika sabar saja tak mau. Bagaikan air yang mengalir begitu saja, lalu sisanya menguap tanpa bekas. Bukankah banyak kita alami yang demikian? Pelajaran sekian panjang, kini sungguh tampak asing di depan mata?

Sisi lain, kesabaran, adalah penanda dari pembelajaran. Jumlah pembelajaran, selalu selaras dengan jumlah kesabaran. Tengoklah, para insan berilmu pastilah jua mereka yang amat sabar. Maka jika kau temui mereka yang sabar, wahai diri, berhentilah, mintalah izin tuk berguru. Sebab di dalam dirinya, pastilah tersedia banyak ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>