Selami Kata, Selami Makna

“Ada jauh lebih banyak rahasia, dari apa yang terucapkan.”

Kata adalah simbol makna. Dan makna, lahir dari proses asosiatif yang terjadi dalam pikiran dan perasaan kita. Menariknya diri kita, tiap makna bisa berkait, hingga tak berujung. Jadilah kita dapati, sebagian insan mampu bertindak di luar dugaan, hanya demi mendengar satu kata atau satu kalimat saja.

Aku teringat sebuah kitab ringkas karya Syaikh Ibnu Athaillan. Al Hikam, tajuknya. Jika dibaca, isinya ringkas saja. Namun kitab ringkas tersebut telah diulas oleh entah berapa banyak ulama, hingga melahirkan ratusan halaman pembahasan. Begitu dalam makna dalam tiap hikmah, menjadikan tak habis berjilid buku menelaahnya.

Maka untuk memahami sebuah kata, kita kerap perlu bertanya dan merenung secara mendalam, hingga mengalaminya sendiri. Adalah tugas kata memang mempermudah kita mengakses memori, namun ia sekaligus juga membatasi pemahaman akan memori itu sendiri.

Nah, sementara itu, ada perubahan besar di era ini. Inilah masa ketika orang ingin cepat, ingin banyak, hingga memilih untuk mengerjakan banyak hal sekaligus. Makan sambil menelepon. Kencan bersama istri sambil membalas pesan singkat tentang pekerjaan. Mengasuh anak sambil menonton film. Bekerja sambil mengobrol. Dan banyak lagi hal lain.

Apa dampaknya?

Pembicaraan menjadi dangkal. Diskusi hanya selewatan saja. Tak ada perenungan pada tiap kata. Tak sempat ada penghayatan pada apa yang terasa.

Lalu?

Hubungan pun rapuh, tersebab kegagalan tuk menyelami apa yang ingin disampaikan.

Kata hanyalah simbol, wahai diri. Ia tak bisa kau andalkan tuk memahami orang lain. Apatah lagi ucapan orang kerap tak sesuai dengan apa yang sebenarnya dirasakan. Maka tak bisa tidak, diri ini mesti berhenti. Berhenti dan menyimak apa yang sesejatinya tersembunyi. Luapan-luapan emosi yang tak terkatakan.

Ada jauh lebih banyak rahasia, dari apa yang terucapkan. Sudikah kita berlatih tuk mendengarnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>